DIET SEHAT UNTUK REMAJA

Diet yang sehat. Obesitas ternyata tidak hanya dihadapi oleh orang dewasa, tapi juga dialami para remaja. Gaya hidup yang serba instan dan cepat membuat jumlah remaja yang menderita obesitas semakin meningkat. Diet pun menjadi solusi cepat yang dipilih, hanya saja cara diet untuk remaja berbeda dengan orang dewasa.

Usia remaja adalah masa nya pertumbuhan jadi tidak boleh sembarangan dalam memilih cara menurunkan berat badan. Jika salah memilih malah menyebabkan terhambat nya pertumbuhan. Diet yang sehat sebenar nya cukup sederhana, asalkan mematuhi rambu-rambu yang telah ditentukan.

Diet yang sehat untuk remaja

Berikut ini beberapa tips diet yang sehat untuk anak remaja, yang bisa kamu coba!

1. Mengontrol kebiasaan kamu

Kebiasaan buruk cenderung dilakukan oleh remaja, seperti waktu makan yang tidak teratur, melakukan olahraga berat, sering ngemil makanan ringan dan minuman kaleng. Kebiasaan tersebut sebaiknya diganti dengan kebiasaan yang lebih baik, misal nya memperbanyak konsumsi protein untuk pertumbuhan.

2. Mengatur porsi makan

Tips diet yang sehat berikut nya dengan mengatur porsi makan, jika ini kamu lakukan berarti kamu telah berhasil membatasi kadar kalori yang masuk ke dalam tubuh. Dengan mengonsumsi kalori dalam jumlah yang sedikit maka tidak akan terjadi penumpukan lemak ditubuh.

3. Jangan lewatkan sarapan

Waktu makan yang paling penting adalah sarapan, karena dapat meningkatkan kinerja metabolisme tubuh supaya bisa memulai aktivitas dan sebagai sumber energi untuk menjalani hari. Hasil penelitian membuktikan, orang yang tidak pernah melewatkan sarapan lebih mudah untuk menurunkan berat badan nya dibandingkan orang yang tidak pernah sarapan.

4. Sebaiknya makan dirumah

Kebiasaan remaja lebih suka untuk makan atau jajan di luar. Lebih sering makan siang dikantin sekolah daripada di rumah. Padahal dengan sering makan jajanan diluar kamu tidak tahu berapa kadar kalori yang dimakan. Selain itu makan dirumah lebih terjamin kebersihan dan kesehatannya.

5. Perbanyak konsumsi air putih

Mengonsumsi air putih dianjurkan minimal 2 sampai 3 liter sehari, yang berguna untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Selain itu dengan mengonsumsi air putih yang cukup bisa membantu metabolisme tubuh dan membantu mengeluarkan semua racun dari tubuh.

Tips diet yang sehat untuk remaja diatas jika dijalankan dengan penuh disiplin akan memberikan hasil yang maksimal. Asalkan jangan berlebihan dan dilakukan sesuai rambu-rambu yang telah ditetapkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *